Jumat, 02 Desember 2011

5 Penyanyi K-pop Pendatang Baru Paling Berkilau

Jika tak begini, nama-nama lama seperti Super Junior, SNSD, 2NE1, 2PM, Big Bang, Wonder Girls, dan TVXQ dengan segala prestasi dan fenomenanya setiap tahun pasti terus mendominasi daftar ini. Agar lebih segar, kami pilih lima penyanyi K-pop Pendatang Baru Paling Berkilau tahun ini. Berikut daftarnya. 


1. Boyfriend
 

Boyfriend baru saja memulai debut mereka di acara M! Countdown pada 26 Mei tahun ini. Singel debut berjudul “Boyfriend” yang merupakan hasil kolaborasi Brave Brother sebagai pencipta lagu, koreografi oleh dance team DQ, dan video klip bikinan Jo Soo Hyun menandai awal kiprah mereka di dunia musik. Oktober lalu, Boyfriend kembali menarik perhatian dengan comeback “Don’t Touch My Girl”. Wajah imut, penampilan segar, musik riang, dan konsep video yang remaja banget menjadi senjata ampuh menarik perhatian fan girl. Dalam waktu cepat, Donghyun, Minwoo, si kembar Youngmin-Kwangmin, Hyunseong, dan Jungmin segera menghimpun penggemar yang dinamakan Girlfriend (untuk perempuan) dan Bestfriend (untuk laki-laki). Dua hari sebelum debut di panggung, forum resmi Boyfriend sudah menghimpun seribu anggota, bahkan video klip “Boyfriend” ditonton satu juta kali dalam waktu seminggu! Kesamaan citra dan fenomena membuat Boyfriend disebut-sebut sebagai the next SHINee.


2. B1A4
 

B1A4 salah satu boy band paling fresh tahun ini. Nama grup ini bisa diartikan “Be The One All For One” atau mengacu pada golongan darah para personelnya: 1 orang bergolongan darah B dan 4 bergolongan darah A. Kemunculan mereka April lalu terbilang unik. Agensi mereka, WM Entertainment, merilis profil personel B1A4 melalui webtoon atau karakter komik yang diterbitkan di internet. Lima personelnya yang berwajah imut -- Gong Chan, Shin Woo, San Deul, Jin Young, dan Baro -- langsung dikenal lewat album Let’s Fly dengan singel “O.K.” dan “Only Learned The Bad Things”. Selanjutnya, album kedua berjudul It B1A4 dirilis 16 September lalu. Dan para personel B1A4 masih mengusung konsep sweet colorful di video klip singel andalan “Beautiful Target”. Popularitas B1A4 meningkat setelah menggelar jumpa fans dan konser mini di sejumlah negara di Asia.


3. Block B
 

Block B boy band baru paling kontroversial tahun ini. Grup yang diproduseri Cho PD di bawah label Brand New Stardom ini debut 15 April lewat panggung Music Bank di KBS dengan lagu, “Freeze!” setelah album singel Do You Wanna Be? dirilis 14 April. Beranggotakan Zico (Woo Jiho), Lee Taeil, B-Bomb (Lee Minhyuk), Ahn Jaehyo. U-Kwon (Kim Yukwon), Park Kyung, dan P.O (Pyo Jihoon), Block B menyemarakkan genre musik hip-hop di Korea. Nama Block B kependekan Blockbuster, sesuai semangat mereka untuk menciptakan lagu-lagu hits di industri musik K-pop.

Cho PD menghabiskan dana sebesar 1,4 juta dollar untuk membentuk grup ini dalam proyek bernama “Proyek Menciptakan Eminem Korea”. Tak heran kemunculan Block B sempat menuai sensasi, karena “Freeze!” yang liriknya mengekspresikan kisah percintaan remaja tak sehat, dicekal Komisi Perlindungan Remaja. Ini berarti lagu “Freeze!” tak boleh dijual untuk remaja di bawah usia 19 tahun dan video klipnya tak boleh ditayangkan sebelum jam 10 malam. Selanjutnya, Block B melakukan promosi untuk singel kedua mereka, “Wanna B”, yang liriknya lebih “aman” didengar remaja. Pada 23 Juni, Block B merilis album mini pertama, New Kids on the Block, dengan singel andalan “Tell Them”. Block B semakin menarik perhatian sejak muncul di acara MTV Match Up! pada 22 Juni, di mana Block B diperkenalkan sebagai grup pendatang baru bersamaan dengan B1A4.


4. Kim Hyun Joong
 

Wajah lama, konsep baru. Ya, lama malang-melintang di industri musik bersama grup SS501, Kim Hyun Joong baru meniti karier solo tahun ini. Leader grup SS501 ini bisa dikatakan sebagai penyanyi solo Korea paling sukses tahun ini. Pesonanya setelah membintangi serial Boys Before Flowers dan Playful Kiss mungkin menjadi salah satu bius bagi fans. Album solo pertamanya, Break Down, menjadi album solo terlaris tahun ini. Berdasarkan chart penjualan di Hanteo, album Break Down terjual sebanyak 80 ribu kopi hanya dua minggu setelah dirilis pada 8 Juni lalu. Angkanya terus bertambah hingga melampaui angka keramat 100 ribu kopi, sebulan setelah dirilis. Ini spektakuler, mengingat selain TVXQ dan Big Bang yang comeback awal tahun ini, saat itu belum ada artis solo yang menembus penjualan album hingga 100 ribu kopi. Oktober lalu, ia merilis album mini kedua, Lucky. Keberuntungan masih berpihak padanya. Album ini menduduki peringkat ke-5 Billboard begitu dirilis.


5. Dal Shabet
 

Dal Shabet grup penyanyi wanita pertama yang memulai debut pada 2011. Beranggotakan enam personel -- Viki, Serri, Ah Young, Jiyul, Ga Eun, dan Subin -- Dal Shabet dibentuk produser E-Tribe di bawah naungan label Happy Face Entertainment. Video klip singel pertama mereka, “Supa Dupa Diva”, dirilis 3 Januari, sementara promosi mulai berjalan 6 Januari lewat acara M! Countdown, diikuti penampilan di acara Music Bank, Music Core, dan Inkigayo. Lagu “Supa Dupa Diva” cukup sukses sebagai debut dan berhasil masuk 10 besar di beberapa chart. Padahal awal tahun ini, perhatian pencinta K-pop sedang tertuju pada comeback Big Bang yang didahului proyek solo Seungri, Daesung, juga duet G Dragon dan T.O.P.  Dal Shabet merilis album singel kedua, Pink Pocket, pada 14 April, disusul comeback dengan singel “Bling Bling” pada 7 Agustus. Sejauh ini Dal Shabet belum merilis album mini atau album penuh. Namun dibandingkan grup-grup wanita pendatang baru tahun ini, tiga singel andalan Dal Shabet menduduki peringkat yang cukup baik.

 

 


 


 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar